Sabtu, 14 September 2013

Menyempurnakan Diri Dengan Selalu Belajar Hal Baru



Sering kali kita berada dalam situasi dimana kita harus mempelajari hal baru. Entah karena tuntutan pekerjaan, pendidikan, bahkan dalam kehidupan sehari-hari, mempelajari hal baru adalah suatu kondisi yang tak bisa kita hindari. Bagi Anda yang senang belajar dan telah menemukan cara efisien dan efektif dalam mempelajari hal baru, maka sungguh beruntunglah Anda.
Bagi yang sering mempunyai kesulitan dalam mempelajari hal baru dan menganggap dirinya lambat dalam mempelajari sesuatu, maka jangan terburu-buru memvonis bahwa diri Anda kurang pintar. Yang salah mungkin bukanlah kapasitas otak anda, namun kemungkinan besar Anda belum mempunyai suatu cara yang dapat mempermudah Anda dalam mempelajari hal-hal baru. Berikut tips yang akan mempermudah Anda.

Buat diri anda tertarik
Ini adalah langkah awal yang sangat penting. Akan cukup sulit mempelajari sesuatu jika anda sama sekali tidak mempunyai ketertarikan akan hal tersebut. Jika Anda sudah tertarik, bagus. Jika belum, maka buatlah diri Anda tertarik terlebih dahulu. Caranya bisa bermacam-macam. Contohnya, jika anda mempelajari bisnis online, bacalah cerita sukses orang-orang di dunia online dan ketahui hal-hal hebat serta kelebihan dan keuntungan apa yang bisa Anda dapatkan dari terjun di bisnis online.

Kuasai dulu dasarnya
Ini mungkin sangat jelas. Namun dalam kenyataannya banyak sekali orang yang ingin cepat-cepat selesai dalam mempelajari sesuatu. Jangan lanjut dulu ke tingkat yang lebih tinggi sebelum Anda benar-benar mengerti dasar dari apapun yang Anda pelajari.

Belajar dari yang lebih berpengalaman
Mempelajari sesuatu memang bisa otodidak, apalagi di era modern ini segala sesuatunya sekarang bisa dicari dan didapatkan dari internet, buku, video dan lain-lain. Namun alangkah lebih baiknya bila Anda bisa belajar langsung dari orang lain yang sudah berpengalaman di bidangnya karena Anda akan mendapatkan ”feel” dan perspektif yang berbeda dibandingkan hanya belajar seorang diri.

Practice makes perfect
Menuju kesempurnaaan hanya bisa didapatkan jika Anda sering berlatih dan melakukan repetisi. Jadi jangan lupa untuk sering melatih segala hal yang berkaitan dengan bidang yang sedang Anda pelajari.
Happy learning!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar